Tahapan Tes Kesehatan Pramugari Pramugara Maskapai Penerbangan

Tahapan Tes Kesehatan Pramugari

Tahapan Tes Kesehatan Pramugari

Tes Kesehatan Pramugari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tes Medical Examination (MEDEX) yang harus dilakukan jika Anda ingin menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara.

Tujuan dari diadakannya tes kesehatan bagi para Calon Pramugari ini tak lain adalah demi keselamatan Anda sendiri dan juga orang lain yang berada dalam satu pesawat dengan Anda.

Beberapa pendaftar dengan kasus penyakit tertentu tidak akan diterima menjadi seorang Pramugari atau Pramugara karena memiliki risiko terhadap kesehatan di kemudian harinya.

Sedangkan fungsi dari tes kesehatan Calon Pramugari adalah agar dapat mengetahui sejauh mana kemampuan Anda untuk bekerja di dunia penerbangan dengan kondisi fisik serta kesehatan yang Anda miliki.

Sebenarnya tidak hanya menjadi seorang pramugari saja yang diharuskan mengikuti tes kesehatan ini, melainkan juga awak pesawat lainnya seperti pilot, co-pilot hingga para teknisi penerbangan juga akan menjalani tes MEDEX ini.

Tahapan Tes Kesehatan Pramugari

Apakah Pramugari Harus Perawan? Perlu Anda Ketahui, Bahwa Untuk Tes Kesehatan Pramugari Belum Pernah Ada Aturan Persyaratan Yang Mengharuskan Pramugari Harus Perawan!

Memang Benar, Untuk Menjadi Seorang Pramugari Salah Satu Syaratnya Adalah Belum Menikah (Single), Tapi Bukan Berarti Harus Perawan, Untuk Membuktikan Anda Belum Menikah Cukup Dengan Surat Keterangan Dari RT/Kelurahan Tempat Anda Tinggal.

Berikut Ini Tahapan Tes Kesehatan Pramugari Yang Akan Dilakukan:

1. Pemeriksaan Laboratorium Rontgen Pernapasan

Membahas mengenai pernafasan tentu berkaitan dengan paru-paru. Tahap ini yaitu sering disebut dengan Pemeriksaan Laboratorium Rontgen Pernafasan. Pramugari harus mempunyai paru-paru dengan keadaan yang sehat, cara mengetesnya adalah dengan menggunakan spirometri.

Spirometri adalah tes yang memakai alat spirometer dan untuk cara kerjanya dengan menarik nafas sedalam mungkin dan menghembuskan nafas dengan cepat. Dengan tes ini kesehatan paru-paru calon pramugari maka akan terlihat, bahkan indikasi kemungkinan penyakit paru-paru juga bisa terlihat dengan menggunakan tes ini.

2. ECG atau Tes Kesehatan Jantung

Seorang Pramugari atau Pramugara harus memiliki kesehatan jantung yang sangat baik. Kita semua tahu dengan penyakit jantung adalah merupakan penyakit yang cukup serius. Karena Akan sangat berbahaya apabila ketika dalam penerbangan seorang pramugari mendadak mengalami serangan jantung.

Walau pada kandidatnya seorang pramugari tidak pernah sekalipun mengeluh mengenai penyakit jantung, itu tidak menjamin bahwa jantung dalam keadaan yang baik. Untuk memastikannya, maka akan di lakukantes EKG, EKG atau Elektrokardiogram adalah proses untuk mengevaluasi keadaan jantung Anda.

Dengan tes EKG tersebut nantinya akan terlihat apakah ada kelainan jantung melalui denyut jantung anda. Tes EKG ini juga dapat mengindikasi jika ada peredaran atau aliran darah yang tidak normal pada Anda.

3. Tes Kesehatan Gigi

Sakit Gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri (sakit) di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Nyeri Sakit Gigi bisa terasa secara terus-menerus dan bisa juga hilang-timbul.

Dalam suatu Tes Kesehatan Menjadi Seorang Pramugari, diharuskan untuk mempunyai gigi yang sangat sehat.

Apabila Anda mempunyai gigi yang berlubang, lebih baik segera lekas untuk menambalnya. Karena gigi yang berlubang dapat sewaktu-waktu menyebabkan timbulnya sakit gigi dan akan sangat mengganggu jika sakit gigi sedang kambuh waktu Anda sedang bertugas mengudara.

4. Pemeriksaan Kesehatan Mata

Nyaris pada setiap perusahaan mengharuskan karyawannya untuk mempunyai kesehatan mata yang baik, khususnya yaitu untuk profesi Pramugari atau Pramugara.

Tes kesehatan mata adalah tes penglihatan yang meliputi yaitu tes buta warna, pergerakkan mata dan tes jarak pandang mata Anda. Demi agar menjaga kesehatan mata lebih baik sering-sering untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin A yaitu seperti jus wortel dan lain sebagainya.

5. Tes Urine

Tes urine bertujuan untuk memeriksa apa saja kandungan yang ada pada air kencing Anda, apakah masih dalam keadaan normal atau tidak. Seperti adanya pH atau kandungan asam, kristal, glukosa ataupun hal lain yang ada pada urine Anda.

Tes urine bisa juga untuk memeriksa jenis obat-obatan yang telah dikonsumsi oleh seseorang dan dapat untuk mengetes kehamilan pula. Ketika Anda hendak menjalani tes kesehatan lebih baik hindari dulu mengkonsumsi obat-obatan apapun itu jenisnya. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasil pada saat tes pemeriksaan urine.

6. Pemeriksaan Pendengaran (Audiometri)

Menjadi Pramugari diharuskan mempunyai pendengaran yang sangat baik, karena waktu bertugas nanti Anda akan berkomunikasi dengan banyak orang yang bahkan Anda sendiri belum mengenalinya.

Selain itu, pendengaran yang baik akan menghindarkan Seorang Pramugari dari mis-komunikasi dengan komando dan juga arahan yang diberikan oleh kapten selama penerbangan.

Baca Juga:  Apakah Pramugari Boleh Berhijab? Bisa! Temukan Disini Jawabannya

Pada intinya jika menjadi seorang pramugari harus mempunyai pendengaran yang baik, jika tidak maka akan berakibat pada sulitnya untuk berkomunikasi dengan siapa saja.

Berhubungan dengan hal tersebut, tes audiometri akan sangat penting untuk Anda yang merasa pendengarannya baik-baik saja. Calon pramugari akan diperdengarkan dengan banyak suara dengan tingkat gelombang dan kenyaringan suara yang berbeda beda. Salah satu tes audiometri adalah tes nada murni untuk mengukur suara paling senyap yang bisa didengarkan dengan suatu nada yang berbeda.

7. Tes Fisik

Pada tes fisik di perusahaan umum biasanya berupa sit up, push up dan juga lari dengan jarak yang cukup jauh. Namun pada Tes Fisik Pramugari tidak ada tes yang seperti itu. Tes fisik yang ada pada tes fisik pramugari yaitu adalah keseimbangan badan atau berdiri bangau saja.

Untuk menjadi seorang pramugari hal kesehatan begitu penting karena hal itu berhubungan dengan keamanan dan juga keselamatan, karena itu tes kesehatan pramugari harus dilakukan.

Demikian dan semoga informasi tentang Tes Kesehatan Pramugari ini bermanfaat.

Sharing Is Caring

1 Respon

  1. 07/2020

    […] Tes selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Tes Kesehatan atau dikenal sebagai Tes MEDEX (Medical Examination). Untuk bekerja sebagai Seorang Pramugari Wajib […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp