Macam Macam Tes Pramugari Pramugara Maskapai Penerbangan Terlengkap

Macam Macam Tes Pramugari Pramugara

Macam Macam Tes Pramugari Pramugara

Fligt Attendant (Pramugari) adalah pekerjaan yang menjanjikan, karena dapat melakukan beberapa hal dalam satu waktu, Serta banyak sekali keuntungan yang bisa didapat jika seseorang Menjadi Pramugari atau Pramugara. Namun, Tidak semua orang bisa Mendapatkan Profesi ini (Pramugari) Karena harus melewati Macam Macam Tes Pramugari.

Diantara Tes Seleksi Pramugari yang harus dilalui adalah Background Check, Performance Test, Psikotest, Interview, MEDEX, Askam, Pantukhir, Ground Training, Flight Training, Recurrent dan sebagainya.

Macam Macam Tes Pramugari

Pada Umumnya Setiap Maskapai Penerbangan hampir memiliki tes yang serupa. Untuk informasi lebih detail Berikut Macam Macam Tes Pramugari Pramugara yang Wajib Anda lewati.

1. Tahap Pemberkasan

Biasanya syarat-syarat berkas yang dibutuhkan untuk menjadi Pramugari dicantumkan di website Maskapai Penerbangan yang ingin anda tuju. Butuh waktu yang cukup lama dan ketelitian untuk menyiapkannya. Berkas tersebut diantaranya seperti:

  • Fotocopy Ijazah Terakhir,
  • Fotocopy Akte Kelahiran,
  • Foto Full Body,
  • Pas Foto 3×4,
  • SKCK,
  • Surat Keterangan Sehat
  • Surat Keterangan Belum Menikah.

Setelah Persyaratan Berkas Anda dinyatakan lengkap dan memenuhi Persyaratan yang dibutuhkan, Biasanya Anda akan mendapatkan informasi untuk mengikuti tes seleksi tahap selanjutnya.

2. Tes Penampilan

Tes Penampilan Pramugari

Tes Penampilan Pramugari

Pramugari atau Pramugara memang dituntut untuk selalu tampil prima disetiap kesempatan. Salah satu yang wajib untuk Pramugari adalah memiliki tubuh yang proposional. Dalam tahap tes penampilan ini akan diadakan beberapa penilaian. Seperti:

  • Pengukuran Tinggi Badan
  • Pengukuran Berat Badan
  • Penampilan (Mulai Dari Cara Berpakaian, Make Up, Hingga Cara Berjalan).
  • Cara Berkomunikasi

Yang sangat menentukan pada tahap Tes Penampilan adalah Anda akan diminta untuk memperkenalkan diri dan sebagian besar Maskapai Penerbangan lebih suka engan peserta tes yang menggukanan bahasa Inggris.

Selain Bahasa Inggris, Umumnya Perusahaan Penerbangan (Maskapai) Juga lebih menyukai Peserta yang menggunakan Make Up secara natural namun tetap tampil menarik.

Ingat, Profesi Pramugari bukanlah untuk Foto Model atau Pragawati. Yang Cantik & Seksi Belum Tentu Diterima, Maka gunakanlah make up senatural mungkin supaya tidak terlihat norak dan menor.

3. Tes Psikotes

Suasana Psikotest Pramugari

Suasana Psikotest Pramugari

Ketika dinyatakan lulus dari TespPenampilan, maka tes selanjutnya adalah psikotes. Tes ini tak jauh berbeda dengan tes psikotes pada umumnya, Namun ada baiknya Anda tetap harus menyiapkannya dengan mantap. Diantara penilainanya adalah:

  • Tes Menggambar,
  • Tes Kepribadian
  • Tes Kemampuan
  • Bahasa Inggris

Tahapan tes ini sering menjadi momok setiap peserta untuk mengikuti seleksi Pramugari. Hal ini dikarenakan Psikotes ini yang paling banyak membuat para peserta gagal untuk mengikuti tahapan tes seleksi Pramugari selanjutnya. Maka persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin.

4. Tes Interview

Dalam sesi interview ini biasanya banyak pertanyaan yang diajukan. Sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu apa saja pengetahuan yang Anda miliki tentang Dunia Penerbangan khususnya Pramugari atau Pramugara.

Karena, Pertanyaan yang biasanya diajukan adalah mengenai pengetahuan Anda tentang Maskapai Penerbangan yang Anda pilih. Anda dapat menjelaskan selengkap-lengkapnya tanpa merasa canggung jika Anda sudah mempunyai persiapan dari awal.

Pertanyaan lainya adalah rute-rute destinasinya, alat-alat safety, seragam Pramugari, hingga nama-nama Bandara hingga perbedaan waktu antar kota maupun Negara. Tak perlu cemas, dan nikmati sesi ini karena sedikit banyak penginterview mengamati kepribadian Anda juga.

5. Tes Kesehatan

Untuk tes kesahatan ini Anda akan dikabarkan jauh-jauh hari sebelumnya. Maka Anda mempunyai waktu untuk menerapkan hidup sehat sebelum pemeriksaan. Tes kesehatan merupakan tes yang sangat penting dan harus dilalui oleh calon Pramugari. Dibawah ini adalah tes kesehatan yang akan diperiksa:

  • Audiometri / Pendengaran
  • Spirometri / Pernafasan
  • Rontgen / Paru-paru
  • ECG / Jantung
  • Urine / Air seni
  • Mata
  • Darah
  • Gigi
  • Tulang
  • Pemeriksaan fisik.

6. Tes Askam

Tes Aspek Keamanan (ASKAM) merupakan tes yang bertujuan untuk pemeriksaan background seorang calon pramugari. Dalam hal ini akan diperiksa mengenai benar atau tidaknya berkas yang Anda ajukan sewaktu tes tahap pemberkasan.

Selain itu juga Anda akan mendapat pertanyaan mengenai Pengetahuan Umum seperti Pengetahuan Tentang NKRI, Pancasila dan lain sebagainya. Butuh hafalan pada tahap ini, disarankan Anda untuk mengetahui secara rinci mengenai negara tempat Maskapai Penerbangan yang Anda tuju. Selain itu Anda juga setiaknya Mengetahui Daerah Tempat Anda Dilahirakan.

7. Tes Pantukhir atau Penentuan Akhir

Dalam tes ini biasanya para calon Pramugari atau Pramugara yang mana berhadapan secara langsung dengan direksi Maskapai Penerbangan. Tetap optimis dan tenag, berikan penampilan terbaik Anda dan senyum.

Pantukhir akan ada sesi walk-in interview. Para calon pramugari akan dibagi kedalam kelompok-kelompok yang berisi lima orang. Kemudian masuk pada ruangan-ruangan yang tersedia, akan ada direksi Paskapai pada setiap ruangan.

Dalam Ruangan Tersebut, Anda akan diberi pertanyaan mengenai diri Anda menggunakan bahasa inggris. Lagi dan Lagi Anda harus mempersiapakan kemampuan bahasa Inggris Anda maulai dari Speaking dan Listening.

8. Ground Training

Setelah Anda dinyatakan LOLOS, Biasanya akan di adakan Training kurang lebih selama 3-6 bulan. Melalui training inilah Ana akan di didik, ditempa dan di latih untuk Menjadi Seorang Pramugari Profesional.

Apakah setelah masa Ground Training ini selesai sudah pasti bisa terbang? No! Karena pada biasanya akan ada puluhan materi training, dimana setiap materi akan ada ujiannya. Dan setiap ujian punya nilai batas kelulusanya, yaitu minimal nilai kelulusannya adalah 80.

Apabila nilainya tidak mencapai 80, maka akan ada ujian perbaikan. Setelah ujian perbaikan masih tidak mencapai 80, maka sudah dinyatakan GAGAL dan akan dipulangkan dan Anda bisa mencoba dilain waktu.

9. Flight Training

Setelha Anda lulus Ground Training selama 3-6 bulan, Apakah sudah pasti bisa terbang? No! Karena setelah lulus Ground Training, Maka Tes selanjutnya itu Tes Terbang. Disini Anda akan menggunakan seragam Pramugari, dan ikut terbang dengan Pramugari senior.

Disini kita akan menjalankan semua pekerjaan Pramugari secara bergantian. Instruktur akan terus mengamati, menilai semua yang kita lakukan. Ketika test terbang ini sudah dinyatakan lulus, Barulah kita bisa terbang sebagai Pramugari aktif dan akan mendapatkan uang terbang dan fasilitas lainnya.

10. Recurrent Pramugari

Setelah sudah terbang, apakah kita bisa menjadi Pramugari selamanya? NO! Karena walaupun kita sudah terbang menjadi Pramugari atau Pramugara, setiap tahun sekali akan ada yang namanya RECURRENT, yaitu ujian test tentang materi Pramugari dan Test Kesehatan.

Sama seperti GROUND TRAINING, Apabila nilai kita tidak mencapai 80, maka akan ada ujian perbaikan. Dan setelah ujian perbaikan tidak mencapai 80, maka kita akan di sekolahkan lagi selama 2 mingguan.

Baca Juga:  Alasan Penting Kenapa Harus Mengikuti Pelatihan Pramugari Pramugara

Setelah sudah selesai 2 minggu, kita akan ujian lagi. Nah, ketika ujian ini gagal mencapai 80, maka kontrak kerja akan di putus. Ini akan membuktikan bahwa otak dan mental kita sudah tidak Qualifed lagi untuk menjadi seorang Pramugari.

Itulah Informasi Tentang Macam Macam Tes Pramugari Yang Wajib Anda Persiapkan Sebelum melakukan pendaftaran sebagai Calon Pramugari, Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Share dan Coment yaa.

Sharing Is Caring

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp