Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan Terlengkap

Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan

Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan

Manjadi Pramugari Domestik ataupun Internasional adalah salah satu impian dari kebanyakan Perempuan karena profesi ini sangat menjanjikan untuk masa depan. Mengapa demikian? Karena Gaji Pramugari sendiri bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Well, apakah Anda tertarik untuk menjadi Pramugari?

Kalau Anda tertarik untuk menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara, Anda harus mengetahui Persyaratan yang harus dipersiapkan untuk menjadi Flight Attendant (Pramugari) seperti yang disebutkan dibawah ini:

  1. Pria atau Wanita
  2. Umur Minimal 17 – 23 Tahun Saat Pendaftaran
  3. Sehat Jasmani dan Rohani
  4. Tinggi Badan Minimal 160cm (Wanita) Pramugari
  5. Tinggi Badan Minimal 172cm (Pria) Pramugara
  6. Berat Badan Ideal atau Proposional Dengan Tinggi Badan
  7. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik dan Lancar
  8. Diutamakan Mampu Berkomunikasi Dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya
  9. Maksimal Minus -3.00 atau Silindris C -1.00
  10. Tidak Buta Warna
  11. Berpenampilan Menarik
  12. Belum Menikah.
Baca Juga:  Kenapa Harus Sekolah Pramugari? Penting Jika Anda Ingin Menjadi Pramugari

Untuk syarat pendidikanya sendiri, bisa lulusan SMA/SMK Sederajat dan lebih diutamakan lulusan D3 atau Sarjana. Sebagai Informasi Bahwa Ada Beberapa Maskapai Penerbangan yang Memprioritaskan Kandidat dari Lulusan Sekolah Pramugari atau Universitas dengan Jurusan Tertentu.

Tahapn Tes Seleksi Pramugari

Selain Anda harus memenuhi Persyaratan Pramugari di atas, Anda juga harus bisa melewati rangkaian Tes Seleksi untuk bisa bekerja sebaga Pramugari atau Pramugara.

  1. Performance Test

Performance Test atau dalam bahasa Indonesia adalah Tes Penampilan, Performance Test merupakan salah tes awal Anda untuk menjadi Pramugari atau Pramugara. Tes ini meliputi beberapa penilaian, diantaranya:

  • Make Up
  • Wajah
  • Rambut
  • Kulit
  • Pakaian
  • Cara Berjalan

Dalam Tahap Performance Test, Tim Seleksi dari Maskapai Penerbangan akan sangat menyukai dengan Pelamar atau Calon Pramugari dengan Make Up yang Natural.

Setiap mengikuti Seleksi Pramugari atau Pramugara, Datanglah dengan penampilan senatural mungkin dan hindari menggunakan Make Up yang berlebihan dan perhiasan yang mencolok serta hindari penggunaan parfum yang berbau tajam.

Ketika Anda memiliki bekas luka, Sebaiknya tutupilah bekas luka tersebut dengan alas bedak, tetapi harus tetap diingat bahwa penggunaan alas bedak janganlah sampai terlalu berlebihan.

  1. Psikotes dan Bahasa Inggris

Psikotes masih termasuk tes tahap awal untuk Menjadi Pramugari atau Pramugara, karena Psikotes merupakan tahap kedua (2) setelah Performance Test atau Tes Penampilan.

Secara Umum Psikotes Pramugari tidak jauh berbeda dengan Tes Psikotes di Perusahaan pada umumnya, Namun adabaiknya Anda wajib memahami untuk mempersiapkan diri sebelum tes seleksi berlangsung. Adapun beberapa tes yang akan di ujikan dalam Psikotes adala:

  • Tes Menggambar
  • Tes Koran
  • Tes Kepribadian
  • Tes Kemampuan Bakat
  • Tes Bahasa Ingggris

Tes Bahasa Inggris Pramugari jangan ditanya lagi, Karena pada kesehariannya nanti saat Pramugari menjalankan tugas dan pekerjaannya, Bahasa Inggris menjadi bahasa yang penting untuk berkomunikasi dengan penumpang atau lainnya.

  1. Tes Wawancara User

Tes Wawancara atau Tes Interview Pramugari Tidak seperti melamar kerja pada umumnya, dimana saat dinyatakan lulus Tahap Interview Anda Bisa Langsung kerja. No! Untuk Profesi Pramugari itu tidak berlaku.

Tes Wawancara pada Seleksi Calon Pramugari setiap Maskapai Penerbangan umumnya memiliki peraturan yang berbeda. Karena, Ada yang digabung antara Wawancara User dengan Wawancara Kompetensi.

Wawancara User adalah wawancara yang tertanyaanya tentang pengetahuan umum terhadapat Maskapai Penerbangan yang akan menjadi tempat melaksanakan tugas Anda nantinya jika dinyatakan lulus.

Tips saat Anda akan melaksanakan tahap Wawancara User, Persiapkanlah terlebih dahulu pengetahuan tentang Maskapai Penerbangan yang Anda pilih dan pastikan bahwa Anda mengetahui seluk beluk dunia penerbangan.

  1. Tes Wawancara Kompetensi

Wawancara Kompetensi Pramugari cenderung mempertanyakan masalah Pribadi Anda, Jadi meskipun tidak perlu menghafal tetap persiapkan diri Anda dengan baik supaya tidak gugup saat menjawab pertanyaan yang diberikan.

  1. Tes Kesehatan Pramugari

Tes Kesehatan Pramugari atau sering disebut dengan Medical Examination (MEDEX) merupakan rangkaian Check Up Kesehatan yang wajib dilalui oleh Calon Pramugari atau Pramugara.

Medical Examination (MEDEX) merupakan Tes Pramugari yang terakhir dan Anda harus bangga jika dinyatakan lulus pada tahap ini karena langkah selanjutnya yaitu Kesepakatan Kontrak Kerja dan Selanjutnya Menjalani Training.

Untuk menghadapi Tes Kesehatan Pramugari Anda harus mempersiapkan sejak jauh hari karena Medical Examination (MEDEX) merupakan pemeriksaan semua aspek kesehatan dari ujung kepala sampai ujung kaki, seperti diantaranya:

  • Kesehatan Jantung (ECG)
  • Pemeriksaan Urine
  • Pemeriksaan Lab Rontgen (Paru-Paru) dan Pernapasan atau Spirometri
  • Pemeriksaan Gigi
  • Tes Pendengaran atau Audiometri
  • Tes Fisik
  • Tes Mata
Baca Juga:  Apakah Lulusan Paket C Bisa Menjadi Pramugari? Inilah Jawabannya

Pelaksanaan Medical Examination (MEDEX) umumnya bisa selesai sekitar 3 jam saja jika Anda bisa datang ketempat test lebih awal (Tidak Terlambat). Setelah selesai test Anda akan mendapatkan sertifikat yang menandakan Anda telah berhasil lulus dalam tahap Tes Kesehatan.

  1. Ground Training

Setelah Anda dinyatakan LOLOS seleksi Pramugari, Umumnya akan di adakan Training selama 3-6 bulan. Melalui training inilah kita akan di didik, ditempa dan di latih untuk Menjadi Pramugari atau Pramugara Profesional.

Apakah setelah masa Ground Training ini selesai sudah pasti bisa terbang? No! Karena pada umumnya akan ada puluhan materi training, dimana setiap materi akan ada ujiannya. Dan setiap ujian punya nilai batas kelulusanya, yaitu minimal nilai kelulusannya adalah 80.

Apabila nilainya tidak mencapai 80, maka akan ada ujian perbaikan. Setelah ujian perbaikan masih tidak mencapai 80, maka sudah dinyatakan GAGAL dan akan dipulangkan dan Anda bisa mencoba dilain waktu.

  1. Flight Training

Setelha Anda lulus Ground Training selama 3-6 bulan, Apakah sudah pasti bisa terbang? No! Karena setelah lulus Ground Training, Maka Tes selanjutnya itu Tes Terbang. Disini Anda akan menggunakan seragam Pramugari, dan ikut terbang dengan Pramugari senior.

Disini kita akan menjalankan semua pekerjaan Pramugari secara bergantian. Instruktur akan terus mengamati, menilai semua yang kita lakukan. Ketika test terbang ini sudah dinyatakan lulus, Barulah kita bisa terbang sebagai Pramugari aktif dan akan mendapatkan uang terbang dan fasilitas lainnya.

  1. Recurrent Pramugari

Setelah sudah terbang, apakah kita bisa menjadi Pramugari selamanya? NO! Karena walaupun kita sudah terbang menjadi Pramugari atau Pramugara, setiap tahun sekali akan ada yang namanya RECURRENT, yaitu ujian test tentang materi Pramugari dan Test Kesehatan.

Sama seperti GROUND TRAINING, Apabila nilai kita tidak mencapai 80, maka akan ada ujian perbaikan. Dan setelah ujian perbaikan tidak mencapai 80, maka kita akan di sekolahkan lagi selama 2 mingguan.

Setelah sudah selesai 2 minggu, kita akan ujian lagi. Nah, ketika ujian ini gagal mencapai 80, maka kontrak kerja akan di putus. Ini akan membuktikan bahwa otak dan mental kita sudah tidak Qualifed lagi untuk menjadi seorang Pramugari.

Nah itulah sedikit gambaran tentang Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan, Semoga Artikel ini bisa memberikan manfaat, Jangan Lupa Share dan Coment yaa.

Sharing Is Caring

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 07/2020

    […] Calon Pramugari harus melalui Pendaftaran Terlebih Dahulu dan Harus Melewati Beberapa Tahapan Tes Seleksi Pramugari yang diadakan oleh Maskapai […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp