Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan

Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan

Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan

Manjadi Pramugari Internasional ataupun Menjadi Pramugari Domestik adalah salah satu impian dari kebanyakan para perempuan karena profesi ini sangat menjanjikan untuk masa depan. Mengapa demikian? Karena Gaji Pramugari sendiri bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Well, apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang pramugari?

Kalau Anda tertarik untuk menjadi seorang pramugari, Anda harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan untuk menjadi pramugari, seperti yang disebutkan dibawah ini:

  1. Pria atau wanita
  2. Umur minimal 17 – 23 tahun
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Tinggi badan minimal 160cm
  5. Berat badan proposional dengan tinggi badan, contohnya jika tinggi badan 160cm, maka berat badan idealnya adalah 160cm-110 = 50kg.
  6. Mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar
  7. Maksimal Minus -3.00, Silindris C -1.00
  8. Tidak buta warna
  9. Bisa Renang
  10. Bisa bahasa inggris
  11. Berpenampilan menarik
  12. Belum menikah.
Baca Juga:  Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi Pramugari?

Untuk syarat pendidikanya sendiri, bisa lulusan SMA/Sederajat dan lulusan D3 sampai perguruan tinggi dan universitas. Sebagai catatan, bebera maskapai penerbnagan hanya menerima lulusan sekolah dan universitas dengan jurusan tertentu saja.

Tahapn Tes Seleksi Pramugari

Jadi, pastikan bahwa Anda memenuhi syarat-syarat di atas jika ingin menjadi seorang pramugari. Selain itu calon pramugari juga harus bisa melewati serangkaian tes untuk memenuhi syarat kelayakan untuk menjadi pramugari.

  • INTERVIEW TEST
    Disinilah Anda akan diseleksi mengenai Performance, Interview, Psikotes, Bahasa Inggris dan Kesehatan Anda. Tidak seperti melamar kerja pada umumnya, dimana saat dinyatakan lulus interview langsung bisa kerja NO!
  • GOUND TRAINING
    Setelah Anda dinyatakan LOLOS seleksi akan di adakan Training selama 3-6 bulan. Melalui training inilah kita akan di didik, ditempa dan di latih untuk menjadi Pramugari.

Apakah setelah masa ground training ini selesai sudah pasti bisa terbang? NO! karena akan ada puluhan materi training, dimana setiap materi akan ada ujuannya. Dan setiap ujian punya nilai batas kelulusanya, yaitu minimal nilai kelulusannya adalah 80.

Apabila nilainya tidak mencapai 80, maka akan ada ujian perbaikan. Setelah ujian perbaikan masih tidak mencapai 80, maka sudah dinyatakan GAGAL dan akan dipulangkan.

  • FLIGHT TRAINING
    Setelha sudah lulus training 3-6 bulan, Apakah sudah pasti bisa terbang? NO! karena setelah lulus Ground training, Maka tes selanjutnya itu tes Terbang. Disini Anda akan menggunakan seragam pramugari, dan ikut terbang dengan pramugari seniornya.

Disini kita akan menjalankan semua pekerjaan pramugari secara bergantian. Instruktur akan terus mengamati, menilai semua yang kita lakukan. Ketika test terbang ini sudah dinyatakan lulus, Barulah kita bisa terbang sebagai Pramugari aktif dan akan mendapatkan uang terbang dan fasilitas lainnya.

  • RECURRENT
    Setelah sudah terbang, apakah kita bisa menjadi pramugari bertahun-tahun? NO! Karena walaupun kita sudah terbang menjadi Pramugari, setiap tahun sekali akan ada yang namanya RECURRENT, yaitu ujian test tentang materi pramugari dan test kesehatan.

Sama seperti GROUND TRAINING, apabila nilai kita tidak mencapai 80, maka akan ada ujian perbaikan. Dan setelah ujian perbaikan tidak mencapai 80, maka kita akan di sekolahkan lagi selama 2 mingguan.

Setelah sudah selesai 2 minggu, kita akan ujian lagi. Nah, ketika ujian ini gagal mencapai 80, maka kontrak kerja akan di putus. Ini akan membuktikan bahwa otak dan mental kita sudah tidak Qualifed lagi untuk menjadi seorang Pramugari.

Nah itulah sedikit gambaran tentang Kriteria Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan, Semoga Artikel ini bisa memberikan manfaat, sekian & terimakasih..

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp