Mau Jadi Pramugari? Inilah Jenjang Karir Pramugari Yang Harus Anda Ketahui

Jenjang Karir Pramugari

Jenjang Karir Pramugari

Jenjang Karir Pramugari sebenarnya tak berbeda jauh dengan profesi lainnya. Namun ada hal-hal mendasar yang membuat Profesi Pramugari terkesan lebih eksklusif dan membedakan dengan profesi lainnya. Penasaran Apa Itu?

Saat ini Pramugari atau Pramugara telah menjadi profesi yang menjadi idaman banyak anak muda yang baru lulus SMA/SMK sederajat. Profesi ini bahkan mengalahkan banyak profesi lain yang sebelumnya banyak dicita-citakan sejak kecil seperti dokter, polisi, arsitek, pilot atau yang lainnya.

Gaji yang tinggi, fasilitas kehidupan yang terjamin serta kesempatan kerja sambil traveling keliling dunia merupakan persepsi yang membuat profesi ini (Pramugari) menjadi begitu prestisius di kalangan masyarakat.

Tidak perlu Lulusan Sarjana atau Bahkan S2. Karena, hanya lulusan SMA/SMK sederajat jika Anda memiliki wajah yang cantik, bentuk tubuh yang atletis (ideal), maupun penampilan fisik yang menawan (menarik) maka Anda sudah memiliki potensi yang cukup besar untuk bisa Penjadi seorang Pramugari atau Pramugara.

Namun Ingat, Profesi ini tidak hanya mengandalkan penampilan fisik saja, Anda juga harus memiliki wawasan yang luas tentang dunia penerbangan. Selain itu, Anda juga harus mempunyai kepribadian yang ramah dan menyenangkan.

Jenjang Karir Pramugari atau Pramugara Maskapai Penerbangan

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia penerbangan dan ingin membangun karir sebagai Seorang Pramugari di perusahaan maskapai penerbangan, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan sangat baik dari sekarang.

Besarnya minat pelamar membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan ini tidaklah mudah. Apalagi ada banyak Tahap Seleksi Pramugari yang mesti Anda hadapi dan harus Anda lalui agar bisa mencapai apa yang Anda inginkan.

Berikut ini beberapa jenis jenjang karir pramugari yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Kontrak Kerja

Jenjang Karir Pramugari yang pertama umumnya adalah Menjadi Pramugari Junior yang diawali dengan Kontrak Kerja. Maskapai Penerbangan kerap membuka lowongan kerja untuk menjadi Calon Pramugari dengan frekuensi yang cukup sering.

Selain untuk memenuhi posisi pekerjaan sesuai pengembangan bisnis perusahaan, lowongan kerja baru ini juga untuk membuat penyegaran terhadap karyawan lama yang sudah habis kontrak atau Pramugari Yang Sudah Pensiun.

Sistem kontrak kerja umumnya diterapkan saat seorang Pramugari baru masuk dan diterima. Lama kontrak kerjapun bervariasi dari satu tahun hingga beberapa tahun. Setelah kontrak pertama habis bisa diperpanjang lagi ataupun tidak. Beruntunglah Anda jika setelah kontrak selesai lalu diangkat menjadi karyawan tetap.

  1. Pusher atau Manajer Pramugari

Setiap Cabin Crew (Pramugari) juga memiliki peluang untuk membangun karir hingga mencapai posisi Pusher atau Manajer Cabin Crew. Untuk mencapai posisi ini Seorang Pramugari harus sudah diangkat menjadi karyawan tetap dan setidaknya sudah mengabdi di perusahaan minimal selama satu tahun.

Apa saja keuntungan menjadi Pusher? Ya tentu saja gaji yang lebih besar, uang tambahan yang dibayar per-jam, hingga fasilitas-fasilitas lainnya yang lebih baik dibandingkan dengan Pramugari Junior.

  1. Senioritas Pramugari

Dalam profesi ini juga dikenal adanya senioritas. Posisi ini umumnya ditentukan oleh loyalitas dan dedikasi yang telah diberikan seorang Pramugari atau Pramugara.

Ada banyak keuntungan jika sudah mencapai lavel ini, termasuk akses untuk menjadi awak kabin pada rute-rute premium yang menawarkan gaji, fasilitas, dan uang tambah yang tentunya juga jauh lebih mengggiurkan.

  1. Pramugari Internasional

Setiap Maskapai Penerbangan yang melayani rute internasional juga memberikan peluang bagi juniornya agar bisa mencapai level tertentu untuk melayani rute internasional. Tidak setiap Pramugari bisa mencapainya karena harus melewati Tes Seleksi Tertentu.

Ada banyak keuntungan jika menjadi Pramugari Internasional, seperti gaji yang lebih besar, satuan hitungan jam terbang yang juga lebih besar, fasilitas, dan pengalaman yang lebih menarik tentunya.

Baca Juga:  Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris? Inilah Jawabannya

Kiat Kiat Menjadi Pramugari

Nah, Jika Anda tertarik unuk menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara, Maka Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Terutama dengan mengikuti pendidikan khusus pramugari.

Anda bisa memilih Sekolah Penerbangan semacam ini agar lebih mudah dalam menggapai cita-cita Anda. FAAST Penerbangan adalah Sekolah Pramugari yang sangat direkomendasikan. Karena kualitas pendidikan yang terjamin, dengan pengalamannya dalam menghasilkan Pramugari yang handal, berkualitas dan Siap Kerja.

Dengan persiapan yang matang, kemampuan dan wawasan di bidang penerbangan yang luas, maka Anda bisa membangun Jenjang Karir Sebagai Pramugari dengan lebih baik.

Sharing Is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp