Beginilah Urutan Jabatan Pramugari

Beginilah Urutan Jabatan Pramugari

Beginilah Urutan Jabatan Pramugari

Selain sigap dalam melayani penumpang, para awak kabin pesawat terbang juga harus terlihat cantik dalam berpenampilan, termasuk cantik dalam mengenakan seragamnya. Bahkan, beberapa maskapai di dalam negeri mengikutsertakan batik sebagai salah satu komponen seragamnya. Namun, tidak semua pramugari memakai pakaian tugas dengan warna yang sama. Hal tersebut dilakukan untuk membedakan jabatan dari flight attendant tersebut. Lalu, bagaimana urutan jabatan pramugari yang ada di perusahaan penerbangan?

Baca juga Informasi detail Pendaftaran Pramugari Disini

Urutan Jabatan Pramugari Dibedakan Berdasarkan Seragam

Salah satu perusahaan penerbangan ternama dari Indonesia memberikan warna seragam yang berbeda untuk setiap tingkat posisi awak kabin. Jenjang karir seorang flight attendant ada tiga dimulai dari yang paling awal yaitu pramugari junior. Sementara untuk jabatan yang teratas disebut FMS (Flight Manager Service). Seperti apa tugas masing-masing posisi jabatan? Pakaian warna apa yang mereka pakai? Penjelasannya bisa anda baca pada poin-poin berikut.

  1. Pramugari tingkat 1 atau pusher

FA 1 merupakan urutan jabatan pramugari tertinggi. Dalam setiap penerbangan ada beberapa tugas yang harus mereka lakukan dengan baik. Flight Service Manager bertanggung jawab atas dokumen-dokumen penting selama penerbangan. Sosoknya harus dapat berperan menjadi manager keselamatan yang baik dalam setiap penerbangan.

Apabila ada penumpang yang mengalami drop atau kondisi kesehatannya memburuk, maka pusher akan memberitahukan hal tersebut kepada pilot sehingga beberapa tindakan dapat dilakukan untuk keselamatan. Dengan kata lain FSM merupakan atasan yang bertanggung jawab atas tugas pelayanan para pramugari maupun pramugara. Salah satu maskapai memberikan seragam berwarna biru untuk jabatan cabin crew tersebut.

  1. Posisi baru Maitre d’cabin

Baju yang dikenakan untuk jabatan baru ini adalah seragam warna ungu. Posisi tingkat dua flight attendant tersebut mengemban beberapa tugas yang tidak kalah penting saat pesawat sudah lepas landas. Maitre d’cabin biasanya diikutsertakan dalam penerbangan pesawat berukuran lebih besar. Bisa dikatakan jika MDC adalah asisten FA 1. Agar dapat naik tingkat menjadi FSM ada beberapa kriteria tertentu, lulus tes masuk, dan menyelesaikan pendidikan yang disyaratkan.

  1. Tingkat Junior-Senior awak kabin

Urutan jabatan pramugari yang ketiga yaitu FA senior dan junior yang mengenakan seragam tugas warna orange & hijau tosca. Tugasnya memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat seperti menghidangkan makanan & minuman, membantu ketika ada permintaan. Untuk tingkat senior biasanya memberikan pelayanan kelas utama. Kenaikan jabatan dari fase junior ke senior bisa didapat dari training dan memenuhi seluruh kualifikasi yang diberikan perusahaan. Sementara untuk awak kabin tahap senior bisa naik ke tingkat maître d’cabin.

Baca Juga:  Kisaran Berapakah Gaji Pramugari Internasional

Tidak ada aturan jika masih junior harus mengenakan seragam tosca atau orange. Maskapai memberi kebebasan kepada awak kabinnya untuk memilih. Sebagai tim pelaksana crew cabin, mereka terbagi tugas untuk tiga class yaitu kelas pertama, bisnis, serta ekonomi. Flight attendant yang berseragam kedua warna tersebut merupakan awak kabin paling sering dilihat traveller.

Itulah ketiga poin penjelasan mengenai urutan jabatan pramugari yang diterapkan maskapai Indonesia dimulai dari jenjang paling atas. Jika anda ingin mencapai posisi pusher maka penuhi semua syarat dan ikuti pendidikan sesuai peraturan perusahaan tempat kerja saat ini. Setiap maskapai bisa saja menerapkan aturan yang sedikit berbeda tentang proses naik jabatan. Kesigapan dalam menangani hal-hal tak terduga ketika berada di ketinggian seharusnya sudah menjadi hal yang biasa jika anda ingin mencapai posisi Flight Service Manager.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp