Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan calon pendaftar pramugari adalah “Apakah syarat menjadi pramugari harus bisa bahasa Inggris?” Faktanya, pekerjaan pramugari yang setiap harinya berpindah dari satu bandara ke bandara lain membuat mereka lebih sering berinteraksi dengan orang yang berbeda dan tidak menutup kemungkinan akan bertemu orang asing pada setiap flight.

Belum lagi regulasi penerbangan dunia yang mengharuskan maskapai menyertakan bahasa Inggris sebagai pengantar dalam setiap informasi dalam penerbangan. Dengan begitu, jawabannya adalah “YA” pramugari butuh kemampuan berbahasa Inggris.

Lantas, apakah orang-orang yang tidak tahu bahasa Inggris tidak akan pernah jadi pramugari? Tentu saja masih ada peluang. Disinilah peran sekolah-sekolah penerbangan yang akan membekali mereka pengetahuan dasar untuk menjadi pramugari sebelum mendaftar pada satu maskapai penerbangan.

Perhatikan Beberapa Tips Menguasai Bahasa Inggris untuk Calon Pramugari

  1. Tanamkan tekad dan mulailah ubah mindset

Cobalah meyakinkan diri Anda sendiri bahwa bahasa Inggris bisa Anda pelajari. Seberapa kuat tekad Anda belajar akan menentukan hasil pembelajaran Anda di kemudian hari. Hal ini bisa ditunjukkan dengan berani mencoba dan jangan takut membuat kesalahan dalam pengucapan. Anda akan tidak tahu seberapa banyak progress Anda belajar selama ini.

  1. Tingkatkan intensitas pelajaran Listening dan Speaking

Listening dan Speaking adalah matter pelajaran bahasa Inggris yang bisa langsung diaplikasikan tanpa guru sekalipun. Mulailah menonton film barat tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Selain itu, mendengar lagu barat tanpa mencari liriknya terlebih dahulu juga sangat membantu kemampuan listening Anda.

Setelah itu, sering-seringlah gunakan kalimat yang bisa Anda tangkap ketika mendengar lagu atau film. Dengan kemampuan Anda meniru kalimat yang Anda dengar membantu Anda mendapat kosa kata baru dengan struktur yang telah sesuai. Dengan mengaplikasikan matterlistening dan speaking, lidah Anda akan menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris. Kesibukan tersebut akan mengalihkan fokus Anda pada pertanyaan “apakah syarat menjadi pramugari harus bisa bahasa Inggris” yang terkadang memberi tekanan bagi Anda.

  1. Persiapkan diri Anda dengan mengikuti sekolah penerbangan

Tidak dapat dipungkiri, sekolah penerbangan memberikan input yang efektif untuk Anda yang bertekad menjadi pramugari. Apalagi sekolah penerbangan tidaklah sulit ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Salah satu sekolah penerbangan yang banyak disarankan adalah FAAST (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) yang terakreditasi. Terbukti ketika Anda tidak jarang bertemu dengan staff penerbangan dan pramugari yang berasal dari sekolah ini.

Lantas, apakah syarat menjadi pramugari harus bisa bahasa Inggris juga berlaku di sekolah ini? Berita baiknya adalah sekolah penerbangan seperti FAAST tersebut tidak mengharuskan calon peserta didiknya mahir berbahasa inggris. Dengan bersedia mengikuti rangkaian pembelajaran di sekolah tersebut, maka Anda dianggap telah berproses. Sehingga hasilnya pun akan Anda tentukan sendiri sesuai dengan keseriusan Anda menerima pelajaran yang diberikan selama masa pendidikan.

Baca Juga:  Simak Penjelasannya Apakah Menjadi Pramugari Harus Cantik

Selain pendidikan bahasa Inggris, bekal-bekal softskill juga akan diberikan selama masa pendidikan. Dengan harapan, Anda akan lebih siap mengikuti recruitment maskapai penerbangan setelah lulus dari sekolah tersebut.

Dengan kata lain, tidak ada salahnya mengikuti sekolah penerbangan terlebih dahulu. Bekal pengetahuan yang diberikan selama pendidikan akan membantu Anda melewati tahap seleksi dengan penuh persiapan.

Jadi, pertanyaan “apakah syarat menjadi pramugari harus bisa bahasa Inggris?” tidak lagi menjadi beban karena Anda datang dengan bekal yang mumpuni dibandingkan dengan calon pramugari yang tidak mengikuti sekolah penerbangan sebelumnya. Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp