Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris? Inilah Jawabannya

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Para Pendaftar Calon Pramugari adalah “Syarat Menjadi Pramugari Apakah Harus Bisa Bahasa Inggris?” Mari kita telusuri jawabannya.

Pertanyaan Wajar. Karena mengingat Profesi Pramugari bertugas untuk melayani penumpang selama penerbangan, Kita juga tahu bahwa pengguna jasa penerbangan bukan hanya dari indonesia saja, melainkan dari berbagai negara di dunia.

Faktanya, pekerjaan pramugari yang setiap harinya berpindah dari satu bandara ke bandara lain membuat mereka lebih sering berinteraksi dengan orang yang berbeda dan tidak menutup kemungkinan akan bertemu orang asing pada setiap flight (penerbangan).

Belum lagi regulasi penerbangan dunia yang mengharuskan maskapai menyertakan bahasa Inggris sebagai pengantar dalam setiap informasi (announcement) dalam penerbangan. Dengan begitu, Jawabannya Adalah “YES” Seorang Pramugari butuh kemampuan berbahasa Inggris.

Lantas, apakah orang-orang yang tidak bisa bahasa Inggris tidak akan pernah menjadi Pramugari atau Pramugara? Tentu saja masih ada peluang. Disinilah peran Sekolah Penerbangan yang akan membekali mereka pengetahuan dasar untuk menjadi pramugari sebelum mendaftar pada maskapai penerbangan.

Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris? Inilah Jawabannya

Hingga saat ini memang masih ada beberapa Maskapai Penerbangan yang tidak mencantumkan Persyaratan Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris. Namun, hal ibu bukan berarti Anda tidak harus belajar bahasa inggris.

Dengan kata lain, Bila Anda tidak bisa bahasa inggris, sedangankan Pesaing Anda dalam Perekrutan Pramugari ada yang bisa menguasai bahasa inggris atau bahkan bisa bahasa asing lainnya, akan sangat kecil kemungkinan Anda diterima.

Otomatis Perusahaan Penerbangan akan lebih Mem-Prioritaskan Kandidat yang mempunyai kelebihan lebih, seperti halnya menguasai bahasa asing, seperti bahasa inggris.

Tips Menguasai Bahasa Inggris untuk Calon Pramugari

Setelah kita mengetahui betapa pentingnya bahasa asing (Inggris) untuk menjadi seorang Pramugari. Mulai sekarang, marilah kita belajar bahasa inggris dengan tips berikut ini:

1. Tanamkan Tekad dan Mulailah Ubah Mindset

Cobalah meyakinkan diri Anda sendiri bahwa bahasa Inggris sangat penting dan bisa Anda pelajari. Seberapa kuat tekad Anda belajar akan menentukan hasil pembelajaran Anda di kemudian hari.

Hal itu bisa ditunjukkan dengan berani mencoba dan jangan takut membuat kesalahan dalam pengucapan. Anda akan tidak tahu seberapa banyak progress Anda belajar selama ini.

2. Tingkatkan Intensitas Pelajaran Listening dan Speaking

Listening dan Speaking adalah matter pelajaran bahasa Inggris yang bisa langsung diaplikasikan tanpa guru sekalipun. Mulailah menonton film barat tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Selain itu, mendengar lagu barat tanpa mencari liriknya terlebih dahulu juga sangat membantu kemampuan listening Anda.

Setelah itu, sering-seringlah gunakan kalimat yang bisa Anda tangkap ketika mendengar lagu atau film. Dengan kemampuan Anda meniru kalimat yang Anda dengar bisa membantu Anda mendapat kosa kata baru dengan struktur yang telah sesuai.

Dengan mengaplikasikan matter Listening dan Speaking, lidah Anda akan menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris. Kesibukan tersebut akan mengalihkan fokus Anda pada pertanyaan “apakah syarat menjadi pramugari harus bisa bahasa Inggris” yang terkadang memberi tekanan bagi Anda.

3. Persiapkan Diri Anda Dengan Mengikuti Sekolah Penerbangan

Tidak dapat dipungkiri, sekolah penerbangan memberikan input yang efektif untuk Anda yang bertekad menjadi Pramugari atau Pramugara. Apalagi sekolah penerbangan tidaklah sulit ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Salah satu Sekolah Penerbangan yang banyak disarankan adalah FAAST (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) yang terjamin kualitasnya. Terbukti ketika Anda tidak jarang bertemu dengan staff penerbangan dan pramugari yang berasal dari sekolah ini.

Lantas, apakah syarat menjadi pramugari harus bisa bahasa Inggris juga berlaku di sekolah ini? Berita baiknya adalah FAAST Penerbangan tidak mengharuskan calon peserta didiknya mahir berbahasa inggris.

Dengan bersedia mengikuti rangkaian pembelajaran di sekolah tersebut, maka Anda dianggap telah berproses. Sehingga hasilnya pun akan Anda tentukan sendiri sesuai dengan keseriusan Anda menerima pelajaran yang diberikan selama masa pendidikan.

Baca Juga:  Gambaran Soal Tes Bahasa Inggris Pramugari Pramugara Penerbangan

Selain pendidikan bahasa Inggris, bekal-bekal softskill juga akan diberikan selama masa pendidikan. Dengan harapan, Anda akan lebih siap mengikuti recruitment maskapai penerbangan setelah lulus dari sekolah tersebut.

Dengan kata lain, tidak ada salahnya mengikuti sekolah penerbangan terlebih dahulu. Bekal pengetahuan yang diberikan selama pendidikan akan membantu Anda melewati tahap seleksi dengan penuh persiapan.

Jadi, pertanyaan “Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris?” Tidak lagi menjadi beban karena Anda datang dengan bekal yang mumpuni dibandingkan dengan calon pramugari yang tidak mengikuti sekolah penerbangan sebelumnya.

Syarat Masuk Sekolah Pramugari

Ada beberapa persyaratan yang Wajib Anda persiapkan jika ingin mengikuti Pendidikan & Pelatihan di Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan, Adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Wanita atau Laki-laki
  • Bersedia Menjadi Siswa Flight Attendant FAAST Penerbangan
  • Berpenampilan Menarik dan Berkepribadian Baik
  • Single
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Usia minimum 18 Tahun dan Maksimum 23 Tahun Saat Pendaftaran
  • Tinggi Badan Minimum Wanita 160cm dan Maksimum 172cm
  • Tinggi Badan Minimum Laki-Laki 170cm dan Maksimum 182cm
  • Berat Badan Ideal Dan Postur Tubuh Proporsional
  • Pendidikan Minimum SMA/SMK/Sederajat, Diutamakan Lulusan D3 Ke Atas
  • Tidak Menggunakan Kacamata (Lensa Kontak Diperkenankan Dengan Ketentuan Maksimal Minus -3.00, Silindris C -1.00)
  • Mampu Berbahasa Inggris, Diutamakan Memiliki Kemampuan Bahasa Asing Lainnya.

Berkas Pendaftaran

Peserta Seleksi Diharapkan Mengisi Formulir Pendaftaran Online Sebelum Melanjutkan Tahap Tes Seleksi Penerimaan Siswa/i Baru FAAST Penerbangan dan Melengkapi Berkas Pendafatarn Sebagai Berikut:

  • Curiculum Vitae (Asli)
  • Fotocopy Kartu Tanda Pengenal (KTP)
  • Fotocopy SKCK
  • Fotocopy Akta Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  • Foto Berwarna Dengan Background Merah (1 Lembar Foto Seluruh Badan Ukuran Postcard & 1 Lembar Foto Ukuran 3 X 4)

Syarat & Ketentuan

  • Bersedia Membayar Biaya Pendaftaran
  • Apabila Peserta Dinyatakan Tidak Lulus Tahapan Seleksi Berikutnya, Biaya Pendaftaran Tidak Dapat Dikembalikan.
  • Peserta Yang Dinyatakan Lulus Semua Tahapan Seleksi Akan Dikenakan Biaya Pendidikan dan Pelatihan.

Itulah Informasi Penting Tentang Syarat Menjadi Pramugari, Semoga Bermanfaat & Selamat Mencoba!

Sharing Is Caring

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp