Apakah Pramugari Boleh Berhijab

Apakah Pramugari Boleh Berhijab

Apakah Pramugari Boleh Berhijab

Apakah pramugari boleh berhijab? Ada suatu landasan hukum yang dapat digunakan sebagai dasar mengenakan jilbab sewaktu bekerja sebagai seorang pramugari. Landasan hukum ini adalah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 yaitu Tentang Ketenagakerjaan.

  • Pasal 6 menyatakan bahwa setiap pekerja berhak untuk diperlakukan dengan sama tanpa diskriminasi oleh pengusaha.
  • Kemudian, Pasal 153 ayat (1) huruf c yaitu melarang perusahaan untuk memberhentikan atau memutuskan hubungan dengan pekerja karena menjalankan ibadah agamanya.
  • Pasal 153 ayat (2) menyatakan bahwa apabila pengusaha melakukan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 153 ayat (1) huruf c maka pemutusan hubungan kerja tersebut batal demi hukum dan juga pekerja harus dipekerjakan kembali.

Berdasarkan ketiga pasal ini, sudah sangat jelas bahwa tidak ada larangan bagi pramugari untuk mengenakan jilbab ketika sedang bertugas. Sehubungan dengan perihal ini, Pasal 109 menyatakan bahwa peraturan perusahaan disusun dan menjadi tanggung jawab pengusaha sendiri. Penyusunan peraturan perusahaan ini pun harus memperhatikan saran dan juga pertimbangan pekerja, sebagaimana tertuang dalam Pasal 110 ayat (1).

Persyaratan Jilbab Bagi Pramugari

Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak wanita pekerja yang bertugas dengan menggunakan jilbab. Tentu saja para wanita ini pasti memperjuangkan hak yaitu untuk mengenakan jilbab di tempat kerjanya. Jadi, peraturan perusahaan pastinya akan mengindahkan saran tentang pemakaian jilbab di tempat kerjanya. Sebagai suatu gambaran saja, pihak Kepolisian Republik Indonesia pun sudah memberikan izin untuk wanita boleh mengenakan jilbab melalui Peraturan Kapolri Nomor 245/III/2015.

Masih tentang pemakaian jilbab saat bekerja, persyaratan umum pendaftaran pramugari pun tidak menyatakan bahwa adanya larangan mengenakan jilbab. Adapun persyaratan umum tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Wanita
  • Berusia antara 18-28 tahun
  • Belum menikah
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan juga bahasa asing lainnya
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Minimal lulusan SMA, SMK, D3 atau bahkan lembaga pendidikan sederajat
  • Tinggi badan minimal adalah 158 cm dan tinggi maksimal 172 cm serta memiliki bentuk tubuh yang proporsional.
  • Tidak berkacamata atau menggunakan kacamata dan tidak buta warna
  • Dapat mengenakan kontak lensa dengan batasan yaitu maksimal -3.00 untuk mata minus dan C-100 untuk mata silindris
  • Memiliki kepribadian yang menyenangkan dan ramah
  • Bersedia untuk bekerja keras dan ditempatkan di luar daerah
Baca Juga:  Beginilah Urutan Jabatan Pramugari

Melihat persyaratan di atas, tidak ada halangan yang menyatakan bahwa pramugari tidak boleh menggunakan jilbab pada saat bekerja. Dan berikut ini beberapa maskapai penerbangan di indonesia yang memperbolehkan pramugarinya menggunakan hijab saat mereka bertugas melayani kebutuhan para penumpang di dalam pesawat.

  1. Garuda Indonesia
    Garuda Indonesia (GA/GIA) adalah suatu maskapai penerbangan dari Indonesia. Secara resmi didirikan pada tanggal 28 Januari 1949 dengan nama Garuda Indonesian Airways, Garuda adalah salah satu maskapai pertama dan tertua di Indonesia, dan dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.
  2. NAM Air
    NAM Air adalah suatu maskapai penerbangan Indonesia yang didirikan pada tahun 2013. Maskapai penerbangan ini merupakan anak perusahaan dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Maskapai penerbangan ini merupakan maskapai pengumpan di kelas medium dengan mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 Winglet dengan konfigurasi sebanyak 120 kursi (8 kelas bisnis dan juga 112 kelas ekonomi).
  3. Air Asia
    Air Asia adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di suatu Bandara Internasional Kuala Lumpur. AirAsia sendiri adalah suatu maskapai swasta terbesar di Malaysia.
  4. Lion Air
    Lion Air adalah suatu maskapai penerbangan yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia. Lion Air sendiri merupakan suatu maskapai swasta terbesar di Indonesia. Dengan jaringan yaitu rute di Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Arab Saudi serta rute carter menuju China dan juga Hongkong, Lion Air menjadikan dirinya sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan AirAsia yang berasal dari Malaysia

Sekian informasi tentang apakah pramugari boleh berhijab yang sering menjadi pertanyaan masyarakat. Nah buat Anda wanita Muslim yang berniat untuk menjadi pramugari bisa memperdalam pengetahuan dan keterampilan di dunia penerbangan melalui FAAST Penerbangan. Sekolah pramugari terbaik di Indonesia ini bisa menjadi jembatan yang efektif untuk mewujudkan cita-cita sebagai awak pesawat. Silahkan kunjungi FAAST Penerbangan untuk mendapatkan infomasi lebih lanjut.

Semoga informasi tentang apakah pramugari boleh berhijab ini bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp