Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi Pramugari?

Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi Pramugari

Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi Pramugari

Apakah lulusan SMK bisa menjadi pramugari? Bagi Anda yang saat ini sudah menyelesaikan pendidikan SMA atau sederajat dan ingin melanjutkan karir menjadi seorang pramugari tentu akan berupaya mempersiapkan diri untuk menjadi awak pesawat tersebut.

Termasuk salah satunya mengetahui persyaratan yang diberlakukan oleh suatu maskapai penerbangan mengenai syarat untuk melamar menjadi seorang pramugari. Kebanyakan persyaratan dari maskapai tersebut yaitu memberikan kesempatan lulusan SMK menjadi pramugari.

Dalam hal ini lulusan SMK menjadi pramugari sebetulnya bukanlah hal yang baru tetapi tak sedikit orang-orang yang sudah melamar ternyata harus gugur padahal sudah memenuhi segala persyaratannya. Ternyata lulusan SMK menjadi seorang pramugari memang tak semudah yang dibayangkan. Tak hanya lulusan SMA dan SMK saja yang bisa gagal, tetapi banyak pula lulusan sarjana yang akhirnya gagal dalam mengikuti seleksi pramugari.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Bisa Menjadi Pramugari

Berikut beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh Anda yang ingin menjadi pramugari:

  1. Berkas administrasi tetap utama
Berkas administrasi

Berkas administrasi

Sama halnya seperti pendaftaran universitas atau perusahaan lain, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh calon pramugari. Untuk kalian yang berada di kelas XII SMK, SMA, atau MA bisa menunjukkan ijasah tanda lulus Anda. Namun bila belum tersedia, hal tersebut masih bisa untuk disusulkan. Siapkan juga surat keterangan sehat dari dokter, fotokopi KTP, dan juga pas foto berwarna serta close up.

  1. Tinggi dan berat badan harus sesuai
Tinggi dan berat badan harus sesuai

Tinggi dan berat badan harus sesuai

Anda pasti setuju kalau kita bilang semua pramugari pasti memiliki tubuh yang cukup tinggi dan ramping. Mayoritas dari semua maskapai biasanya akan mencari personil dengan tinggi yaitu antara 160 sampai 180 cm. Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus mengenai ukuran lingkar pinggang seorang pramugari, selama berat badannya proporsional. Mengapa seorang pramugari diusahakan memiliki tubuh yang langsing? Hal Itu dikarenakan tubuh mereka harus muat melewati jendela darurat. Dan yang tak kalah penting lagi pramugari harus bisa duduk di bangku spesialnya tanpa sabuk pengaman.

  1. Riasan wajah selalu on namun tetap wajar dan tidak berlebihan
Riasan wajah selalu on namun tetap wajar

Riasan wajah selalu on namun tetap wajar

Wajah para pramugari juga bisa selalu terlihat segar meskipun telah terbang selama berjam-jam. Itu salah satunya dipengaruhi oleh riasan yang digunakan oleh pramugari. Beberapa maskapai menyarankan personilnya untuk memakai make up yang sedikit tebal dengan warna-warna yang sedikit mencolok. Pramugari juga harus selalu menjaga kulitnya agar tidak berjerawat, mengkilap, apalagi bersisik. Pramugari juga tidak diperkenankan memiliki tato apalagi yang jelas terlihat oleh penumpang dipesawat nantinya. Selain itu, perhatikan pula gelungan rambut agar selalu terlihat rapi.

  1. Waspadai keringat dan juga bulu-bulu halus
Waspadai keringat dan juga bulu-bulu halus

Waspadai keringat dan juga bulu-bulu halus

Semua maskapai pasti ingin agar para penumpangnya merasa nyaman di dalam kabin. Itulah mengapa semua pramugari dihimbau agar bisa menjaga kenyamanan dari para penumpang dengan menjaga bau badan serta keringat. Biasakan agar selalu terlihat segar setiap saat. Selain itu untuk pramugara, sangat tidak dianjurkan untuk membiarkan bulu hidung dan bulu telinga panjang. Oleh karena itu bersiaplah untuk selalu memperhatikan setiap detail tampilan Anda sebelum nantinya benar-benar terbang.

  1. Tidak hanya cantik, pramugari juga harus sehat dan kuat
Tidak hanya cantik, pramugari juga harus sehat dan kuat

Tidak hanya cantik, pramugari juga harus sehat dan kuat

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang pramugari untuk membantu penumpang mengemas barang bawaannya di dalam kabin. Entah itu tas dengan berat yang berkilo-kilo maupun yang kecil. Itulah mengapa pramugari harus memiliki fisik yang cukup kuat. Tak jarang sekolah pramugari memberi tes kepada para calon lulusannya untuk mengangkat beban berat seakan-akan sedang membuka pintu darurat pesawat yang beratnya yaitu mencapai 20-an kilogram. Karena pramugari juga akan sering melakukan perjalanan yang cukup jauh, maka hanya mereka dengan sistem kekebalan tubuh kuat lah yang biasanya akan lolos.

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Pramugari Garuda Indonesia

Nah, untuk Anda yang berniat untuk menjadi pramugari sebaiknya mengikuti pendidikan khusus di sekolah FAAST Penerbangan. Lembaga pendidikan yang telah berdiri sejak 2019 ini dikenal sebagai sekolah pramugari terbaik yang telah mencetak ribuan pramugari yang telah bekerja di berbagai perusahaan maskapai penerbangan.

Demikianlah dan semoga jawaban dari pertanyaan apakah lulusan SMK bisa menjadi pramugari ini bermanfaat untuk Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Message Us on WhatsApp